Skip navigation

bajuriAnda memiliki masalah dengan berat badan? Pernah mencoba diet namun hasilnya nihil. Padahal anda sudah sungguh-sungguh berdiet, sudah olah raga kayak orang gila, nahan makan ini-itu sampai mau sekarat. Badan panas dingin karena kurang gizi. Untung saja tidak sampai koid.

Bila usaha diet anda sudah sedemikian rupa, tapi tak membuahkan hasil, mungkin ada yang salah dengan kebiasaan anda.

Kebiasaan buruk itu… antara lain:

  • Makan secepat mungkin. Jadwal kerja yang padat kerap membuat kita mempunyai kebiasaan tidak sehat, yakni makan dengan cepat. [Ayoo, makan buruan kalau ga kamu saya Dooor! Kebiasaan militer nih, makan harus buru-buru]. Cobalah makan lebih ‘lambat’, nikmati makanan anda. [makan dengan segenap rasa syukur] Ikuti gaya makan Eropa bila perlu, setiap gigitan dirasakan, sehingga tubuh memberi sinyal kenyang sebelum kita benar-benar kekenyangan.

  • Melewatkan jam makan. Riset menunjukan orang yang tidak sarapan memiliki berat badan lebih badan dibanding orang yang tertatur makan pagi. Orang mengira, dengan melewatkan makan pagi, ia bisa menekan asupan kalori hari itu. Sebaiknya makan tiga kali sehari. Tapi dengan cerdas memilih menu. Joane Lichten, PhD, RD mengatakan sarapan sehat terdiri atas protein dan serat. Telur dengan roti gandum panggang serta anggur setengah porsi hanya setara dengan 250 kalori dan membuat anda kenyang hingga makan siang.

yummyyummy

  • Terlalu banyak makan dan minum berkalori. yang termasuk minuman berkalori tak lain minuman keras, kopi dengan krim dan gula, jus yang dibubuhi pemanis, teh plus gula, dan minuman bersoda. jenis minuman seperti itu dapat menyumbang kenaikan berat badan. “Ketika anda minum cairan berkalori itu, anda tidak cenderung mengimbanginya dengan memperkecil porsi makan. Sebab, kebanyakan minuman menghapus dahaga, tetapi tidak berpengaruh dengan rasa lapar,” kata Tara Gidus, MS, RD, juru bicara American Dietetic Assosiation. Ganti minuman serba manis itu dengan air mineral, susu rendah lemak, jus sayuran, serta satu porsi kecil jus 100% buah-buahan.

  • manisPorsi kebesaran. Lichten menyebutkan kebanyakan restoran memberikan porsi besar [termasuk warteg neh]. Kadang ketika di rumah pun kita memilih pola tersebut dan berpikir pola besar itu normal. Ada beberapa saran dari para pakar soal trik mengurangi porsi. Pertama, sisakan beberapa sendok pada piring ketika anda menyelesaikan makan. Kedua, gunakan piring atau mangkuk yang lebih kecil. Ketiga, secara teratur cek porsi anda.

  • Tambahan yang tidak sehat. Ada kecenderungan orang memilih salad atau sayuran lain karena alasan diet, tapi membumbuinya dengan bahan tambahan yang tinggi lemak, seperti keju, dressing yang gurih, irisan daging, dan potongan sosis. Sebagian pelaku diet memang tidak sadar dengan kandungan lemak pada setiap menunya, termasuk dalam salad atau sayuran. [sering kali kita menambahkan saos atau sambal supaya lahap makan].

  • Makan tanpa sadar. Ada yang disebut dengan amnesia makan. Biasanya ini dituduhkan kepada orang yang makan sambil menonton televisi atau makan sambil baca buku, karena tanpa sadar sekantong makanan pun bisa dihabiskan. Atau bisa juga anda memakan cemilan saat senggang atau ketika menghabiskan beberapa sendok sisa makanan si kecil. [buat anda yang lagi browsing atau chatting anda harus sadar, bahwa anda telah menghabiskan 3 piring nasi goreng. ayo bayar.. hehehe]

Sumber: Koran Tempo, 29 Januari 2008, hal. C2.

5 Comments

  1. Waduh dia makan burger kok tetep langsing yah dan cuantik

    lagi, kalau yang perutna besar gambar sapa ?


    norie:
    itu bintang iklan, wajar kalau manis.
    suer deh itu bukan perut saya.

  2. Pencerahan… pencerahan… perut buncit itu bisa jadi pertanda awal badan kagak sehat.🙂

    norie:
    perutmu buncit ya??:mrgreen:

  3. Biasanya laki2 tuh mulai gendut kalo udah pada nikah… (hehe ini cuma pengamatan saya loh):mrgreen:

    Soalnya saya liat sodara saya yang pas jejakanya sih gagah, kekar dan rajin olahraga… tapi pas nikah kok pipinya jadi tembem, dan ototnya melembek jadi daging.


    norie:
    iya, apalagi kalau istrinya pinter masak. uhh… tambah endut deh.

  4. waqduh tuh perut manu tanding ama Jalal yang si aktor yang udah koit gara2 kegemukan… ih.. jadi jejay deh liatnya.. amit2 jabang bayi deh..

    norie:
    iya nih, amit-amit jabang baby.
    *ngelus-ngelus perut sendiri*

  5. uhukuhuk..serius deh, waktu ngeliat gambar yg prtama langsung kesedak. hehehe

    norie:
    wew.. kenapa? bukannya perut ndut idaman smua wanita?? hehehe..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: