Skip navigation

Kamu itu orang apa?

Jawaban dari pertanyaan sederhana di atas bisa banyak sekali dan beragam. Kemungkinan secara spontan anda akan menjawab daerah asal anda, misalnya: oo…, saya dari Bandung. Atau anda akan menjawab; saya orang Indonesia (ketika bertemu dengan asing ). Mungkin anda menjawab: saya sekeluarga orang NU. Anda juga bisa yang menjawab terkait Ras bangsa: Saya orang Melayu. Mungkin juga anda yang menjawab: saya ini orang tua atau menjawab lah wong saya ini orang gila. hahaha😀 Malahan ada yang menjawab: orang saya blogger weqz… ^^

Jawaban dari pertanyaan di atas akan terhubung dengan identitas diri atau setidaknya orang mau diidentifikasi sebagai apa. Ingin diidentifikasi sebagai apa itu penting. Identitas itu punya arti buat anda. Kalau tidak penting kenapa ada orang yang marah atau kesal sangadh bila rasnya atau klub sepakbola kesayangannya dicela atau disatirkan. Kenapa juga ada blogger (ga semua blogger lho) yang marah ketika ada seorang ahli (ga jelas ahli apa sebenarnya tuh orang) yang mengatakan blogger itu tukang tipu dsb, dst, dll hingga negatif blogger.
Kita marah dan tersinggung karena identitas itu penting (setidaknya bagi individu yang bersangkutan). Iya kan?

Oh iya, hampir lupa. Salah satu kegunaan atau fungsi identitas ialah sebagai tanda pembeda. Misalnya saya blogger. Tentu saya berbeda dengan Hacker atau cracker. Walau tidak menutup kemungkinan saya memegang predikat atas semua identitas tersebut.

—————

Seseorang bisa punya banyak identitas, misalnya saja:

Seorang anggota komunitas MoGe yang gemar nonton bola dan cinta Arsenal yang juga orang tua dari suku bangsa Arab, yang menganggap dirinya sebagai orang Solo asli (sebab keluarganya sudah puluhan tahun tinggal di situ) yang juga merangkap sebagai guru yang rajin nge-blog (jadilah ia blogger) hingga warga sekitarnya mendaulat beliau sebagai ketua RT (nyambung ga?) serta beberapa beberapa identitas lainnya yang terlalu panjang bila disebutkan satu per satu.

Jawablah pertanyaan “kamu orang apa?” (Hanya bila anda berkenan sharing dengan banyak orang). Bila jawaban anda lebih dari satu, mohon diurutkan dari yang paling penting bagi anda hingga yang tak terlalu penting. Kategori paling penting itu: Identitas mana yang anda marah sekali bila identitas itu dilecehkan. (ini kategori dari saya loh)

Silahkan menjawab di kolom komentar. Terima Kasih.

Gambar nemu di komputer warnet

————P.s: Tulisan ini tanpa berniat membakar massa dengan kebencian atas SARA. Walau kita tahu di tanah wordpress ini tulisan Menyulut kemarahan SARA (wa bil khusus agama) bertebaran dimana-mana, dengan penulisnya yang saling berafiliasi.

Tulisan ini dalam rangka penelitian yang bersifat pribadi tanpa diikut dengan metodologi ilmiah. Untuk mengetahui identitas mana yang lebih diunggulkan dalam sekala urut, apakah yang terkait dengan daerah asal, negara, ras, agama, partai, hobi atau apa?

Tulisan ini juga tak bermaksud men-cemen-kan identitas blogger. Judul “Mereka Bilang Saya Blogger” tak bermaksud memberikan stigma pada kata blogger. Saya mohon maaf bila ada kata-kata yang salah (saya toh tak mau bernasib seperti Roy Suryo yang menjadi bulan-bulanan beberapa blogger). Dan saya akui blogger itu profesi mulia, Ketika ia menambah wawasan ‘penggemarnya’. Terakhir kita tampaknya sepakat (sepakat ga?) bahwa batas-batas keidentitasan blogger memang tidak terlalu signifikan karena identitas tersebut cukup digariskan secara terlalu sederhana dan secara luas sebagai orang biasa yang suka menulis (di blog) dan menurut saya memang seharusnya sesimpel itu.

Bagi saya jadi blogger atau pun tidak, hasrat saya untuk belajar dan bergagasan tak akan pudar. Ada atau tanpa blog (misalkan saja blog lenyap dari muka bumi) saya akan tetap bicara. ^^

21 Comments

  1. Tulisannya >.<
    btw, untuk penelitian iseng2an ya?

    oke degh… saya orang jawa, orang Indonesia, orang gila ga ya?

    kalau diurutkan dari yang paling penting:
    -orang Indonesia (sering kesel sama tetang sebelah, Malaysia)
    -trus saya orang jawa. Ndeso hehehe…😀
    puas…. puas..:mrgreen:

    norie: makasih sudah sharing.🙂

  2. assalamualaikum..
    hemm..
    penggemar moge dan arsenal?! nampaknya gw tau sapa orangnya..

    apa gw perlu memaparkan identitas gw disini..
    RAHASIA..hehei..
    yg pasti gw arab aja.. halah itu koq dikasi tau.. kumaha iyeu teh.. hohoi..

    oh y.. mengenai identitas.. gw pengen ganti username dari syahbal ke MDF.. gmn y caranya?


    norie:
    Eh… kebetulan saja itu. hehe…😀
    ganti username? gmn ya?😕 nanti saya cari tau dulu

  3. Aku sendiri sih ngga terlalu berpengaruh terhadap semua itu….. dari jaman dahulu kala ketika blogger itu nama log dan terus berkembang, seperti biasa lah, apa apa yang berkembang dengan pesat pasti ada yang menghalang halangi nya, pasti ada yang mengklasifikasikan nya…

    dah natural..


    norie:
    yup alami memang lebih baik.🙂

  4. Artis kita datang neh

    Waduh identitas itu penting bagaimana dengan judul judulan

    “Wajah Tak dikenal”

  5. Hehe balik lagi belum selsai bacanya neh.


    norie:
    🙂 artis kita makin nge-top aja.

  6. Muslim.
    Orang biasa.
    wordpresser eh Blogger🙄


    norie:
    Makasih, Mas sudah sharing.🙂

  7. Ini pertanyaan yang susah
    seringnya kalo ada y nanya itu ke aku, aku bakal jawab sesuai keadaan dan posisiku kepada penanya tersebut, jadi jawabnya bervariasi, mulai dari muslim, Indonesia, analis, dll

    *maap ndak bisa mbantu penelitian sampean*


    norie:
    weqz… susah ya?😕 gpp deh🙂

  8. salam kenal akh,,, blog nya seru euy,,,,


    norie:
    🙂

  9. apakah saya juga seorang blogger
    ah saya cuma numpang nulisa aja di blog kok
    gak lebih


    norie:
    Hehehe…🙂 nice motivation

  10. lapor! mohon dikoreksi, apakah saya seorang blog’r yg berkelamin? eh, soryy maksud saya apakah saya ini cukup beridentitas. Gak sama seperti “Wajah Tak Dikenal” khan?
    *diam2 aja ya jgn sampe si Balii Sugar baca, isa mampus aku*ha..ha…


    norie:
    Haha… tenang balisugar ga tau kok😀

  11. ini diri saya si orang gila😀

    hasil bumi melimpah ruah aku puas mengais sampah
    yang enak dan yang nikmat kuberikan untukmu sobat
    geli aku tertawa melihat banyaknya orang gila
    kesetanan dikejar waktu
    jalani hidup bagai ikan mendatangi bubu
    andai mereka mau melihat indahanya mawar saat bunga mengembang
    atau seekor burung ternyata memiliki banyak kicauan?
    embun berkilauan bunga memamerkan kemewahan
    aku puas hanya bertelanjang
    yang baru dan yang indah kuberikan untukmu sobat
    karena aku buang hajat gunung tinggi menjulang
    karena aku kencing sungai-sungai mengalir
    bangga dengan lantang aku pekikkan
    “MERDEKA!!!!”


    norie:
    Merdeka ^^

  12. -Muslim (jarang yang secara spontan menjawab aku orang Islam saat ditanya demikian. entah kenapa, aku ga tahu sebabnya. apa karena Orang Islam sudah tak bangga lagi pada Islam.)
    -Orang Indonesia, OI euy… ^^
    -Warga dunia. hahaha… no border


    norie:
    saya juga Muslim dan juga orang Indonesia. ^^

  13. -Manusia biasa

    -Bloger? gimana klo disebut sebagai orang senang menumpahkan keluh kesah pada sebuah tulisan dr pd mengumbarnya.

    ide postingnya keren nih
    salam kenal ya🙂


    norie:
    eh iya, salam kenal.🙂

  14. salam kenal…
    tulisan n ulasan sampean bagus..
    yupz blogger ataupun bukan, asal memberikan konstribusi positif!🙂


    norie:
    Stuju.🙂

  15. Malam minggu artis datang


    norie:
    o0o… Ga syuting, Mbak?😀

  16. Menulis , menulis dan menulis🙂 tetep semangat ya kang😉


    norie:
    yo…!! smangat🙂

  17. dengan bangga sayah bilang “AING URANG GARUT” lol
    Memang penting ya disebut bloger … ?


    norie:
    hmm… sebagian orang menganggap itu penting lho.

  18. pertanyaan yang aneh dan jawaban yang nyeleneh…


    norie:
    yo wiis.. ora sah dijawab Mas.😉

  19. Aku orang apa?🙄 *mikir* mmmm… perempuan😀 … kalo jawabannya masi dirasa kurang nanti aku tambahin lagi…


    norie:
    iya, kamu perempuan. dan sebentar lagi kamu jadi seorang Ibu.🙂

  20. kalo ditanya “kamu itu orang apa?”, biasanya saya menjawab: kamu sendiri orang apa?:mrgreen:

    norie >> sikap yang diplomatis. menghindari konflik ya. hehehe…🙂

  21. ketimbang disebut blogger saya masih lebih demen dipanggil modeller pro!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: