Skip navigation

Itu pagi yang cerah. Mobil dan motor seliweran kesana-kemari. Bis-bis saling ‘bantai’, menggaet ‘sewa’ (baca:penumpang). Udara pagi itu sudah tak segar lagi. Asap-asap knalpot belepotan ke mena-mana. Aku seperti dijejali racun. Sabar… pikirku. Aku berharap bis yang kutunggu segera tiba.

Alih-alih memikirkan udara kotor, aku alihkan saja pandangan ku. Seperti biasa aku memulai mengobservasi orang-orang sekitar. Haha… ber-ubahlah aku seketika menjadi psikolog amatiran. Memperhatikan raut wajah orang dan menerka apa yang sedang mereka rasakan atau pikirkan, merupakan hal menyenangkan loh.

Di depan ku itu ada seorang perempuan. Anak kuliahan gitu deh. Aku lihat sedari tadi ia menelepon. Asik banget deh kayaknya. Bertelepon-ria ia sambil tersenyum-senyum, dan kadang terbahak-bahak. Untung saja ga bikin se-isi halte heboh. Entah siapa yang sedang ia telepon, mungkin pacar atau sahabat karibnya. Sekarang sudah 15 menit berlalu dan ia masih asik ngobrol (kayaknya lebih deh).

————–

Anda suka ngobrol? aku juga suka. yup… itu tanda kalau kita itu makhluk sosial. Di mana kita perlu untuk berkomunikasi dan berintekasi. Btw ngobrol itu asik. Setidaknya sampai kita mulai ngobrolin hal yang ga asik, atau teman/lawan ngobrolnya mulai ga asik. bukan begitu?

Banyak alasan kenapa kita ngobrol. Dengan ngobrol kita menyalurkan ide. Bahkan ngobrol itu sarana untuk mengeluarkan perasaan, unek-unek, bahkan pengakuan (di sini ngobrol berubah menjadi curhat, dan sering obrolan itu menjadi 1 arah😦 ). Ngobrol juga bisa jadi sarana untuk menambah koneksi atau kenalan, misalnya ketika ngobrol dengan penumpang sebelah kita saat perjalanan ke Bandung.

Mungkin sebagian kita tidak sadar bahwa ngobrol itu sudah jadi hobi tersendiri. Dan juga jarang juga orang secara jelas menyatakan dirinya hobi ngobrol. (mungkin takut ditertawakan bila mengaku berhobi ngobrol)

Apa yang sering kita lihat, bila sekumpulan pekerja berkumpul untuk makan siang. Apa yang biasanya terjadi? ya ngobrol ini-itu toh. Mungkin juga anda dan teman-teman usai menonton sebuah pertandingan sepak bola. apa yang terjadi sesudah itu? biasanya terjadilah obrolan (seru) seputar pertandingan tadi. Dan mengobrol itu pun dapat dilakukan dimana pun. bahkan diruang kelas sekali pun saat guru/dosen menerangkan.

Apakah anda hobi ngobrol? Kembangkanlah hobi tersebut dengan:

  • Jadilah pendengar yang baik dan benar (obrolan yang asik itu 2 arah, bukan monolog)
  • tambah daftar teman ngobrol anda (cari kenalan baru atau gebetan baru)
  • Hindari topik perbincangan yang itu-itu saja
  • Menghindarlah bila obrolan mulai mengarah pada gossip
  • sesekali mengobrol soal bisnis (siapa tahu hobi anda itu bisa menghasilkan)
  • pilih tempat ngobrol yang nyaman (yang tidak menggangu orang lain yang ga diajak ngobrol)
  • Pilih waktu yang tepat untuk ngobrol (jangan mengobrol lewat HP bila anda sedang BAB)

—————

Akhirnya aku pun harus pergi, bis ku tlah tiba.

beh… ternyata tuh cewe belum juga selesai ngobrol. Yah… tak apalah toh harga pulsa sudah murah (walau belum semurah kacang). sayonara.🙂

gambar hasil nguntit dari sini

12 Comments

  1. gabung yukk di friendster indonesia http://www.indonesian.co.nr

    norie >> Anda hacker ya?
    dicariin tuh sama Roy Suryo hehehe…😀
    *peace*

  2. ahahahaha

    ya, mungkin aku termasuk orang dengan hobi ngobrol.
    Tapi setelah beberapa waktu (baca:tahunan), aku mulai berpikir ada yang aneh dengan kebiasaan ngobrolku, manfaat yang kudapat tak sebanding dengan beban yang ditanggung coz diriku adalah tempat samfah bagi teman-temanku (menyimpan rahasia besar seseorang bukanlah kegiatan yang menyenangkan).

    Semua orang senang ngobrol, dalam artian membicarakan dirinya, kehebatannya, obrolannya tentu bisa jadi dua arah (bukan satu arah seperti yang dirimu sebutkan), karena lawan bicaranya akan menimpali dalam frekuensi yang sama.

    Tapi yang terjadi hanya lah saling bertukar, tak lebih.:mrgreen: ujung2nya menjadi ajang gosip

    Coba kalau ditingkatkan menjadi share, atau mengilhami, obrolan pasti lebih terarah, dan ada manfaatnya.. contoh dpat relasi baru atau gebetan baru

    ngomong2.. ini aku kok ngobrol satu arah ya:mrgreen:
    *bener2 tuan rumah yang pelit, teh botol pun ndak ada disediain*

    norie >> kebiasaan ngobrol mu aneh. kacian deh lo. hehehe😀
    aduh ga ada teh botol. adanya teh baskom. Mau?:mrgreen:

  3. Kalau aku kok susah membuka pembicaraab aku cendrung lebih bisa menjdai pendengar apakah itu baik, karena jujur aja aku aga susah untuk bicara kepada orang banyak dan memancing pembicaraan , ada solusi ???

    norie
    ya, harus sering latihan saja, Mas.🙂

  4. kalo ngasih komen-komen di blog termasuk ngobrol ga Mas?:mrgreen:

    norie
    bisa juga sih.

  5. tambah satu poin lagi dong..> selain ngobrol bisnis, sekali-kali ngobrol tentang kemiskinan dan korupsi di Indonesia dong..!!!🙂 yah, jadi ngorolin “ngobrolin ngobrol” neh…

    norie
    tema sih bisa apa saja. tapi kalau korupsi jangan cuma diobrolin doang. mesti segara diberantas.😀

  6. Ngobrol sepuas2nya lewat hp?? Mudah2an hp-nya nggak mati2 melulu ya, nanti jadinya bukan ngobrol sepuas2nya tapi jadi dongkol sepuas2nya!:mrgreen:

    norie
    Iya, kadang emang suka dongkol sih. Pulsa murah tapi pelayanan menurun.😦

  7. heh… paling ga bisa memulai obrolan kecuali dengan orang2 yg udah bener2 comfy with…😕 tapi seneng juga kalo udah rame ngobrol gitu😀

    norie
    🙂 seneng dech ngobrol sama Mbakyu.

  8. cewek emang kebanyakan suka ngobrol
    coeok gak jauh beda😀

    norie
    cewe atawa cowo sama saja Mas.🙂

  9. ini dia yang namanya ngobrolin ngobrolan orang.hehehe:))

    norie
    aah… ga juga Mas. kebetulan ada contoh. cewe yang lagi asik ngobrol.🙂

  10. hmm,,, kykny makin banyak yang “terkontaminasi” pulsa murah klo nelpon lama.

    klo gw sendiri sih jarang2, coz ga pinter ngobrol by phone, bntar aja dah basi, bingung mo ngomong apa. mending ngobrol via chat.
    so…. lanjuttin chatting ahh…😀

    norie
    kalau saya malah jarang chatting. habis kalau chatting bawaan suka nge-gombal. 😀

  11. manggut-manggut.. baca tips mengembangkan hobi ngobrol.

    norie
    kok manggut2 doang. ini diminum dong tehnya.🙂

  12. tips yang terakhir ngga papa kok dilanggar.. asal jangan kasih tahu orang yang ditelpon kalo kita lagi di toilet..khukhukhu..

    norie
    huahahaha😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: