Skip navigation

Category Archives: moral

Sudahkah anda membaca RUU pornografi? Lalu bagaimana posisi anda? Read More »

Iklan

Pesimisme ialah perasaan dan sifat seseorang yang melihat segala kejadian dan keadaan dari sudut pandang yang suram. Baginya semua politikus itu kejam, semua pengusaha itu curang dan rakus, semua aparat penegak hukum  dapat diajak “main mata”, semua PNS itu korup dan malas bekerja. (dikutip dari sebuah buku tua sekali yang robek beberapa halaman depannya. )

Kita tahu, dan sadar, bahwa negeri ini (Indonesia) tengah jatuh dalam “kegelapan”. Krisis multidimensi yang terjadi tak kujung usai. Ini sudah sepuluh tahun Reformasi. Tetapi derita rakyat kecil kian hari bertambah-tambah setelah harga BBM dinaikan. Kita juga sadar negeri ini kerap disambangi bencana, silih berganti (hingga nyaris aku menamainya; negeri seribu bencana). kita juga tahu Birokrasi pemerintah kita bobrok, dengan aparat-aparat yang korup (Katanya sih oknum, oknum kok.. banyak 😦 ). Kita juga sadar bahwa negeri ini  dengan terang-terangan sedang “dijajah”. Sumberdaya alam kita diolah dan dinikmati pihak asing. Entah secara sengaja atau bukan, sistem perekonomian kita bergulir kepada kapitalisme.  Beh… seharusnya sistem ekonomi kita ini wangi aroma Read More »

Itu pagi yang cerah. Mobil dan motor seliweran kesana-kemari. Bis-bis saling ‘bantai’, menggaet ‘sewa’ (baca:penumpang). Udara pagi itu sudah tak segar lagi. Asap-asap knalpot belepotan ke mena-mana. Aku seperti dijejali racun. Sabar… pikirku. Aku berharap bis yang kutunggu segera tiba.

Alih-alih memikirkan udara kotor, aku alihkan saja pandangan ku. Seperti biasa aku memulai mengobservasi orang-orang sekitar. Haha… ber-ubahlah aku seketika menjadi psikolog amatiran. Memperhatikan raut wajah orang dan menerka apa yang sedang mereka rasakan atau pikirkan, merupakan hal menyenangkan loh.

Di depan ku itu ada seorang perempuan. Anak kuliahan gitu deh. Aku lihat sedari tadi ia menelepon. Asik banget deh kayaknya. Bertelepon-ria ia sambil tersenyum-senyum, dan kadang terbahak-bahak. Untung saja ga bikin se-isi halte heboh. Entah siapa yang sedang ia telepon, mungkin pacar atau sahabat karibnya. Sekarang sudah 15 menit berlalu dan ia masih asik ngobrol (kayaknya lebih deh). Read More »

Saya ucapkan selamat hari Kartini kepada wanita se-Indonesia.

Semoga sekarang dan untuk masa akan datang, wanita tidak lagi terjebak pada minimnya pilihan hidup. Semoga wanita mendapatkan kebebasan atas berbagai pilihan yang ingin mereka ambil, sekaligus menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan hidup.

————-

Kartini oh… Kartini. Read More »

Siapa saja, pliss… Ajarkan aku cinta.

Ajarkan aku bercinta dalam kesangsian.

Cinta bisa bermula dari kondisi apa pun. Bukan begitu? Bahkan ia (baca:cinta) bisa berawal dari kebencian sekalipun. Lihat saja dua insan yang tadinya bermusuhan. Ketika cinta datang mengendap-endap, dan lantas menebarkan ‘mantra’nya. Dua insan yang tadinya musuh bebuyutan pun jadi saling melabuhkan hati dan masuk dalam syahdannya mistikus cinta. Aneh yach fenomena Cinta itu. 🙂 Read More »

Ketika Zaman Semakin Sulit

Untuk memperbesar dari pada nge-click gambar, mending click sini aja.

Read More »